Kategori

Panitia Gawai Dayak Sintang Tahun 2022 Akan Gelar 8 Jenis Perlombaan


Sintang,Kalbar - Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang sudah memutuskan untuk melaksanakan Pekan Gawai Dayak Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2022 pada 29-31 Juli 2022 di Betang Jerora Satu. Selain memutuskan hari pelaksanan Pekan Gawai Dayak, DAD Kabupaten Sintang juga sudah membentuk kepanitiaan. Selimin, SE, M. Si  Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan dipercaya menjadi Ketua Panitia Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2022.

Selimin menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan rapat-rapat persiapan beberapa kali untuk mensukseskan kegiatan tahunan tersebut. 
“kami sudah melaksanakan rapat untuk mempersiapkan pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2022. Hasilnya, kami sudah putuskan akan melaksanakan 8 jenis perlombaan yakni Lomba Menyumpit, Mengukir Perisai, Kuntau atau pencak silat tradisional,  Gasing, Fashion Show khusus anak-anak, Bujang Dara Gawai, Sape dan lomba memasak makanan khas Dayak” beber Selimin

“soal peserta, kita tidak mengkhususkan untuk utusan dari 14 kecamatan yang ada. Tetapi bebas dalam artian pesertanya adalah individu orang Dayak yang mau ikut lomba. Kalau masyarakat secara pribadi mau ikut lomba, silakan mendaftar ke Sekretariat Panitia Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2022 di Betang Jerora Satu” terang Selimin.

“tadi, kami panitia juga sudah melaporkan rencana dan kesiapan panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2022 kepada Bapak Bupati Sintang” tambah Selimin. 

Selimin menambahkan, pembukaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2022 akan dilaksanakan pada Jumat, 29 Juli 2022 pagi dengan diawali dengan ritual adat terlebih dahulu.
“usai ritual adat, baru dilaksanakan seremonial pembukaan oleh Bupati Sintang. Rencananya ada pawai juga siangnya. Sepanjang hari Sabtu, 30 Juli 2022 akan dilaksanakan seluruh lomba. Kalau belum selesai lombanya, akan dilanjutkan hari Minggu, 31 Juli 2022 hingga sore. Sehingga malamnya bisa langsung ditutup” beber Selimin.(Red)

Previous
« Prev Post