Kategori

Petani Plasma Koperasi “Pengilan Abadi” Apresiasi PT. Kiara Sawit Abadi


Sintang - Pertemuan masyarakat petani Plasma Koperasi “Pengilan Abadi” Mitra kebun KSA5 PT.KSA yang bertempat di Kantor KSA5 Dusun Kelubung berlangsung kondusif, (Selasa,12/04/2022). Dinas Perkebunan Kebupaten Sintang beserta USPIK  Ketungau Tengah turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Petrianus selaku Camat Ketungau Tengah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran FORKOMPINCAM sebagai kepala wilayah wajib mengetahui perkembangan kemitraan antara perusahaan dengan masyarakat. 
Ia menambahkan atas terselenggaranya pertemuan ini merupakan hal yang sangat baik, agar tercapai harapan bersama, antara masyarakat dengan perusahaan.
“Saya sangat mengapresiasi pihak kebun PT. KSA terus berupaya membuka diri dengan duduk bersama masyarakat untuk membenahi kemitraan agar semakin maju”. Tutur Petrianus.
Selain itu camat yang baru defenitif ini juga sangat mengapresiasi masyarakat yang menjaga ketertiban sehingga pertemuan berjalan dengan kondusif.

Sementara itu pimpinan kebun KSA5, Daryatmo Ginting menyampaikan, bahwa pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya. “Hari ini merupakan awal yang baik sebagaimana yang telah kami sampaikan, bahwa persoalan kemitraan antara Kebun KSA5 dengan  koperasi “Pengilan Abadi” akan dihadiri dari Dinas Perkebunan” katanya.

Ginting menambahkan, pertemuan ini terselenggara karena adanya keberatan dari masyarakat dusun Kebangak dan Dusun Sebetuk terkait adanya kesenjangan hasil produksi ploting plasma diwilayah Sebetuk, Kebangak dan Seputau. Masyarakat meminta agar dalam pembagian hasil produksi dipisahkan sesuai perwilayah masing-masing. Jelas Daryatmo Ginting.

Efendi Tanus selaku juru bicara dari perwakilan masyarakat petani menyampaikan beberapa point usulan yang diminta oleh masyarakat kepada pihak perusahaan diantaranya,pembagian Sisa Hasil Usaha Koperasi agar dilakukan secara perbulan. 
Ia juga menyampaikan, “hampir Delapan Puluh Persen masyarakat Dusun Kebangak dan Dusun Sebetuk menggantungkan hidup diperusahaan, sehingga kami sangat berharap kedepan hubungan kemitraan ini pasti lebih baik dan mensejahterakan masyarakat”. Tambah Tanus.

Paulus Nokus, selaku pimpinan Humas dari Kebun KSA5 mengatakan “Dari beberapa usulan masyarakat terkait kemitraan ini, kami mengikuti proses yang sekarang sudah dipandu oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Sintang. 

Terkait hal-hal lain yang diperlukan mengenai kemitraan ini agar lebih solid dan terarah sebaiknya kepengurusan Koperasi harus dibenahi dulu. “Saya meminta agar segera lakukan RAT dan penyegaran kepengurusan di internal koperasi” Tambah Paulus.

Gunardi Sekretaris Dinas Perkebunan kabupaten Sintang yang menghadiri pertemuan ini menyampaikan “ Dari hasil pertemuan ini, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan kami lakukan rekomendasi kepada pihak Kebun KSA5 dan  Koperasi Sawit “Pengilan Abadi”. 
Ia meminta kepada masyarakat petani plasma agar segera melakukan RAT dan pemilihan pengurus, karena hal ini merupakan kewajiban yang ditetapkan undang-undang.jelas Gunardi

“Rekomendasi dari Dinas Perkebunan akan kami sampaikan secara tertulis setelah kepengurusan koperasi beres dulu”. Tambahnya.

Pada akhir pertemuan tersebut, para petani plasma menyepakati bahwa pelaksanaan RAT direncakan pada tanggal 23 April 2022 mendatang.
Sandhy, anggota petani plasma mengatakan sangat mengapresiasi pertemuan ini, dan mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak perusahaan KSA5 , Unsur Muspika Kecamatan Ketungau Tengah beserta dari Dinas Perkebunan Kabupaten Sintang dan semua pihak yang terlibat. 
“Saya berharap, dengan adanya pertemuan ini, kedepan bisa membawa perubahan yang lebih baik kepada masyarakat petani plasma dan juga pihak perusahaan”. Pungkasnya.(Sandhy)

Previous
« Prev Post