STATUS POLSEK SINTANG KOTA AKAN BERUBAH RURAL MENJADI URBAN.


 Sintang - Status wilayah hukum Polsek Sintang Kota Kecamatan Sintang dalam waktu dekat akan berupaya meningkat menjadi Polsek urban.

Saat ini, polsek yang dikepalai Iptu Sutikno, S.Sos, MAP, itu masih berstatus rural. Hari ini, Selasa (10/11/2020), dari tim Perencanaan Polda Kalimantan Barat yang dipimpin Paur Sisjemen Bag Strajemen Rorena Polda Kalbar Penata Tk 1 Sana’i, S.H mengunjungi Polsek Sintang Kota, di dampingi oleh Wakapolsek Sintang Kota Iptu Sujiono.

“Kami melakukan Verifikasi dan pengecekan naskah Akademik untuk peningkatan dan pengembangan type Polsek Sintang Kota dari Rural menjadi Urban dan mengumpulkan berkas data dukung SIK3 (Sistem Informasi Kalasifikasi Kesatuan Kewilayahan) untuk pengajuan peningkatan type polsek dan seterusnya di ajukan ke Kapolda Kalbar untuk seterusnya diajukan ke Srena Polri,” ujar Paur Sisjemen Bag Strajemen Rorena Polda Kalbar Penata Tk 1 Sana’i, S.H.

Saat dikonfirmasi kepada Kapolsek Sintang Kota Iptu Sutikno, S.Sos, MAP, tatus Rural dari sisi personil hanya memiliki jumlah Personil sebanyak Dua Puluh Tujuh anggota.

Sementara, untuk status Urban, polsek akan memiliki jumlah Lima Puluh anggota, dengan dua unit reskrim dan satu unit lantas. “Mudah-mudah tahun depan statusnya sudah Urban, karena situasi kondisi di Kecamatan Sintang ini statusnya sudah harus Urban,” kata Iptu Sutikno, S.Sos, MAP.

Manfaat dari status urban juga, tingkat kriminalitas dan pelanggaran lalulintas di Kecamatan Sintang bisa menurun.

Karena setelah mengantongi status Urban, jumlah personil akan bertambah, unit Lalu Lintas akan dibentuk serta sarana dan prasarana akan bertambah.

“Melihat kondisi saat ini dengan dukungan luas wilayah kecamatan Sintang. Dan sarana obyek vital maupun masyarakat di kecamatan sintang sangat beragam, untuk ini tidak sebanding dengan keberadaan Polsek yang masih berstatus rural. Dan Sintang Kota ini merupakan pintu gerbang masuk Kota dan sentral perekonomian dan Pariwisata di Kota Sintang ke depan,” Terang Iptu Sutikno.

Sunber Berita : Humas Polsek Sintang Kota Jajaran Polres Sintang.

Previous
« Prev Post