POLRES SINTANG DAN STAKEHOLDER SEMPROTKAN DISINFEKTAN DIRUAS JALAN PROTOKOL.CEGAH PENULARAN COVID-19


 Sintang - Kepolisian Resor (Polres) Sintang kembali melakukan gerakan penyemprotan disinfektan dengan melibatkan beberapa stakeholder yang ada, mulai dari pengerahan mobil AWC Polres Sintang, AWC Yon C Pelopor Sat Brimob Polda Kalbar, Mobil Damkar Kab Sintang, Mobil Manggala Aqni Sintang dan Mobil BPBD Kab Sintang serta Mobil Pemadam Busera Sintang.

Bahkan pada Jumat ( 2/10/2020) malam, Polres Sintang menggelar Apel bersama sebelum melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan guna mencegah penularan Covid-19. Apel di pimpin langsung oleh Waka Polres Sintang KOMPOL Alber Manurung, SH,SIK bertempat di Lapangan Stadion indoor Baning Sintang dan diikuti oleh ratusan personil gabungan lainnya.

Polres Sintang dalam giat ini menurunkan mobil Armored Water Cannon (AWC) untuk melakukan  penyemprotan tersebut dan dibantu juga oleh 1 Unit Mobil AWC milik Yon C Pelopor Brimobda Kalbar.

Saat penyemprotan juga diikuti dengan himbauan mentaati Protokol Kesehatan dari Satuan Binmas Polres Sintang.

“Ini gerakan yang dilakukan secara masif Polres Sintang dan jajarannya serta stakeholder yang ada guna mencegah dan menekan kenaikan kasus Covid19 di Kabupaten Sintang” ungkap Waka Polres Sintang KOMPOL Alber Manurung SH,SIK

Pihaknya mengatakan selain melakukan penyemprotan disinfektan,  Tim Penindak Yustisi Covid-19 juga melakukan penindakan dengan tegas sesuai Pergub.Kalbar No. 110 THN 2020 dan Perbup. Sintang No. 60 thn 2020 Tentang Penerapan Pendisiplinan dan Penegakan hukum Protokol Kesehatan ( Prokes),

“Jadi untuk penyemprotan cairan desinfektan selain menggunakan mobil AWC Polres dan Brimob juga melibatkan mobil Pemadaman Kebakaran Sintang, Manggala Aqni, BPBD dan Busera Sintang   di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Sintang,” jelasnya.

Untuk lokasi penyemprotan, orang nomor dua di Polres Sintang itu menyebutkan telah diatur menjadi 6 jalur yang akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

Selain kendaraan yang telah disiapkan untuk proses penyemprotan, Polres Sintang juga menurunkan kendaraan pendukung lainnya  seperti mobil Patwal, Randis roda empat Sat Sabhara dan Unit Mobil Penling Sat Binmas Polres Sintang.

Kendaraan tersebut diturunkan guna  membantu kelancaran giat yang dilaksanakan.

Ia juga mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mendorong terciptanya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup bersih, dengan penerapan Social Distancing dan Physical Distancing, mencuci tangan  dan tetap menggunakan masker sesuai protokol kesehatan serta menghindari kerumunan massa.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mempercepat memutus rantai penyebaran Covid-19, sehingga kedepan  kita semua bisa beraktivitas dengan aman namun tetap pada protokol kesehatan,” harapnya.

Disinggung kembali mengenai ruas jalan yang disemprotkan disinfektan dan pembagian unit kerja, KOMPOL Alber mengatakan ada beberapa rute penyemprotan ini dilaksanakan di jalan-jalan Protokol mulai dari:

Jalur 1: AWC Polres Sintang
Start Simpang 5 - Lintas Melawi - Putar Tugu Jam - Lintas Melawi - Finish Simpang 5.

Jalur 2 : Mobil Manggala Agni
Start Simpang 4 Polres - Jl. PKP. Mujahidin - Jl. Patimura - Jl. Kesatria - Jl. Seroja - Finish Tugu BI (Taman Entuyut).

Jalur 3 : AWC BRIMOB
Start Tuju Jam - Simpang Sei. Tebelian

Jalur 4 : DAMKAR Kab. Sintang
Start Depan RSUD - Jl. Patimura - Tugu Pangeran Kuning - Jl. Alambana Wana Wai - Jl. Kelam - Jl. Pemuda - Finish Kantor Disporapar.

Jalur 5 : BUSERA Sintang
Start Tugu Jam - Jl. MT. Haryono - Komplek Pasar Sei. Durian - Finish Depan Polsekta Sintang Kota.

Jalur 6 : BPBD Kab. Sintang.
Start Jl. Bhayangkara - Jl. Dr. Wahidid Sudiro H. - Jl. Oevang Oeray - Finish Simpang 5.

“Kami juga lakukan penyemprotan disinfektan di masing-masing Polsek sesuai dengan tingkat kerawanannya,” unjar KOMPOL Alber Manurung, S.H,S.I.K

Menutup pembicaraannya Waka Polres Sintang, menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga masyarakat dan pihak pihak lainnya yang telah membantu menyumbangkan bahan-bahan disinfektan yang diserahkan ke Polres Sintang untuk kegiatan penyemprotan, "Atas nama pimpinan saya sampaikan terima kasih kepada warga yang telah membantu Disinfektan sehingga dapat digunakan pada kegiatan ini,"pukas Waka Polres Sintang.

Sumber berita : Humas Polres Sintang.
Publis : L.Sugiarto - SS

Previous
« Prev Post