HEADLINE NEWS

Kategori

Askiman Wabup Sintang,Kita Akan segara Bangun Posko Di Perbatasan Sintang - Silat Kapuas Hulu

Sintang- Masa Pandemi Covid -19 membuat semua Gugus Depan memprioritaskan pemutusan penyebaran Covid-19 sendiri.Berfokus dari menjaga titik -titik wilayah perbatasan Kabupaten Sekadau hingga perbatasan lintas antar negara.

"Perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu kini menjadi prioritas kita, karena kita dapat menginditifikasi orang yang keluar masuk dari sana.Karena Kapuas Hulu sudah ada  indikasi terdampak Covid -19, walaupun di tutup akses  jalan masuknya tapi kita masih rawan"terang wabup Sintang Askiman saat ditemui Media ini di kediamannya(1/5/2020)lalu.

Lanjut dia, Ada yang lebih menjadi pusat perhatian kami,yakni adanya perusahaan sawit Pt. Sinar Mas yang beroperasi diwilayah sudahkapuas hulu,dan ada membuka akses jalan yang langsung terhubung ke serawak,Malaysia.Dan ini pun kita tidak kebijakantahu dari mana, apakah dari daerah perbatasan Kapuas Hulu atau Pihak BNPP.ungkap Askiman

Askiman juga menjelaskan menurut aturan ketika ada pihak yang ingin membangun jalur lintas batas harus mengantongi ijin Dari BNPP atau dari kementerian terkait,kita tidak tahu apakah mereka,sudah mengantongi ijin atau belum.Tapi  Perusahaan sawit Pt.Sinar Mas yang ada dikapuas hulu,yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia,sudah membuat banyak jalan lintasan ke Serawak, Malaysia. bebernya.

Masih kata Askiman," Yang menjadi kekhawatiran kami yakni karyawan yang berkerja di perusahaan tersebut kembali atau masuk ke wilayah  Sintang. Dan atau TKI  ilegal yang bekerja di serawak sana pulang masuk ke sintang,lewat Jalan yang dibuat PT sinamas karena  kini akses jalan dari Serawak Ke PT sinamas sudah ada dan serawak sudah menjadi wilayah zona merah".

Askiman juga menambahkan kami akan membangun Posko jaga di wilayah perbatasan Sintang dengan Kapuas hulu.Dan akan kami bangun secepatnya, karena kita harus mengidentifikasi setiap kendaraan, baik kendaraan yang mengangkut barang atau kendaraan  umum pengangkut penumpang maupun kendaraan orang peribadi, yang melintas masuk ke sintang tetap kita lakukan Rapid test satu persatu oleh pihak Dinas Kesehatan yang bertugas,diposko nanti nya.

Askiman juga mengatakan apabila dari pengecekan ada orang yang positip melalui tahap rapid test langsung di isolasi oleh Dinas Kesehatan jangan suruh pulang dan jangan disuruh isolasi mandiri   di rumah mereka masing-masing .Dan Dinas Sosial juga harus memperhatikan kebutuhan orang yang di isolasi agar jangan ada kekurangan baik dari segi makan dan lainya.jangan sampai ada kejadian seperti tadi malam pasiennya sempat kabur,itu isolasi seperti apa,pasien bisa bebas keluar,tegas Askiman Wabup Sintang.

bagi yang bukan warga Sintang jika dalam Rapid test ada ditemukan gejala positif reaktif akan kita suruh pulang kealamatnya dengan berkoordinasi dengan Pemda dan gugus tugas dari mana orang tersebut berasal.atau kita kembali ke daerah darimana datangnya.kita mau Sintang secepatnya bebas dari sebaran virus Corona atau Covid - 19,terang Askiman.(Sg)

Previous
« Prev Post