Kategori

SEKDA SINTANG PIMPIN SAFARI NATAL KE PAROKI NOBAL


Suarasintang.com.-Sintang.Memasuki bulan Desember 2018, Pemerintah Kabupaten Sintang langsung melaksanakan kegiatan safari natal sesuai jadwal yang sudah di susun. Pada Minggu 2 Desember 2018, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah memimpin rombongan safari natal ke Paroki Santa Theresia Kecil Nobal. Kegiatan safari natal diawali dengan misa minggu adven pertama di Betang Nobal. Usai pelaksanaan misa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menjelaskan bahwa safari Natal oleh Pemkab Sintang merupakan program rutin untuk mengunjungi umat dan gereja serta untuk mendekatkan Pemkab Sintang dengan gereja sekaligus masyarakat. 
“kunjungan ini merupakan aplikasi dari visi Pemkab Sintang yakni mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang religius. Maka safari Natal ini sengaja kita programkan untuk memperkuat silaturahmi. Visi Pemkab Sintang ini juga diwujudkan dengan membantu rumah ibadah. Saat ini umat paroki Nobal sedang membangun gereja baru dengan ukuran 20 x 30 meter. Pemda Sintang sudah komit untuk membantu pembangunan gereja paroki Nobal ini yang sudah masuk dalam APBD 2019. Mudah-mudahan kondisi fisik yang sudah setengah jadi ini dengan bantuan dana dari Pemda Sintang bisa mempercepat proses penyelesaian pembangunan gereja ini. Ini hadiah terindah dari Pemda Sintang buat seluruh umat di Paroki Nobal. Bantuan dari Pemda Sintang untuk kelanjutan pembangunan gereja Nobal harus di pertanggungjawaban dengan baik dan benar. Pertanggungjawaban harus rinci, detail dan ada bukti dokumentasi” terang Yosepha Hasnah.
“Pemkab Sintang mengharapkan dukungan penuh dari umat Kristiani untuk proses pembangunan di Sintang ini. Dana desa juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan gereja asal tidak melanggar aturan yang berlaku. Pemanfaatan dana desa untuk kegiatan gereja harus dikelola dengan baik jangan sampai menjadi masalah kedepannya. Kalau kurang paham harus bertanya. Saya juga mengimbau umat kristiani agar tidak mudah diadu domba dalam menyambut tahun politik. Orang tua harus mengawasi pemanfaatan handphone yang di pakai oleh anak anak kita. Handphone memang tidak mampu kita tolak tetapi harus kita awasi dengan baik. Pada saat natal nanti, kami mungkin tidak bisa silaturahmi ke sini. Persiapan diri menyambut natal. Rayakan Natal dengan sederhana. Yang penting hati yang damai saat merayakan natal. Mari kita siapkan sikap, hati dan pikiran untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus” tambah Yosepha Hasnah.
Pastor Paroki Santa Theresia Kcil Nobal Romo Pilce, Pr menjelaskan mendengar rombongan Ibu Sekda mau ke Nobal, umat sangat terkejut dan sangat senang. “Karena paroki kami ini jarang di kunjungi. Kami bangga dengan kunjungan dan silaturahmi ini. Terima kasih hadiah Natal dari Pemkab Sintang untuk umat kami disini.  Soal gereja, saat peletakan batu pertama pembangunan gereja. Saya sudah ngomong ke umat bahwa sumbangan umat sendirilah yang utama . Kalau ada bantuan dari orang lain itu untuk meringankan saja. Terima kasih kedatangan umat dari stasi-stasi yang ada di kampong pada acara ini. Kami merasa terhormat atas kunjungan ini karena bagi kami, kunjungan ini menunjukkan Pemda hadir di tengah umat di sini. Saya juga mengajak umat untuk ikut menerangi hoak. Kalau menerima informasi yang tidak jelas jangan diteruskan. Terus perkuat iman kita supaya pertolongan kepada kita bisa semakin banyak” ajak Romo Pilce, Pr
Saragih Selaku Ketua Dewan Pastoral Paroki Nobal menyampaikan bahwa pelaksanaan misa dan safari Natal ini dihadiri oleh umat dari berbagai stasi yang ada di paroki Nobal. “Kami menyambut baik pelaksanaan safari Natal dan silaturahmi seperti ini. Terima kasih atas kunjungan ini. Kehadiran Ibu Sekda  dan rombongan menjadi motivatasi besar bagi kami di sini untuk terus berkarya. Kami senang para pejabat Pemda Sintang mau datang ke sini. Ini penting untuk saling mendorong dan mendukung dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat” terang Saragih. 
Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan penyerahan bantuan dana serta bingkisan dari rombongan.

Rillis :Syukur Saleh/hms

Publikasi :L.Sugiarto.

Previous
« Prev Post